Senin, 11 Januari 2010

Telkomsel *268# : Bagaimana pelanggan yang tidak punya akses Google ?

Bismillahirrahmanirrahim

Saya copas postingan ini dari Pak Eko , bagus banget untuk nambah pengetahuan kita tentang content provider. Sengaja saya posting ulang karena mungkin ada sebagian dari kita yang begitu ada iklan 'reg spasi' atau *sekian sekian# langsung aja ikutan tanpa mikir lagi. Mudah-mudahan setelah baca ini, sebelum mengikuti sesuatu mikir dulu pulsa yang ditelan berapa :)

==================================================================
Siang tadi, saya berdiskusi panjang dengan istri dan juga teman-teman, tentang sebuah rencana memiliki NEXUS ONE. Nexus one adalah mobile handset yang diluncurkan Google, awal januari 2009. Nexus One berbasis Android. Saya membutuhkannya untuk riset bagi ebConnect.com memasuki un-chartered future yaitu "Enterprise 2.0".

Tiba-tiba, sore hari ... sepulang dari masjid, istri saya bilang saya dapat SMS penawaran hadiah dari Telkomsel. Saya curiga, apakah ini dari Telkomsel ? Karena tertulis memang di sisi Sendernya : Telkomsel.

Sebuah tawaran yang EXCITING, TEMPTING, SEDUCING ... krn saya lagi butuh GADGET dengan cara MURAH !!!

Saya Google dan mendapatkan fakta bahwa banyak customer yang mendapatkan SMS yang sama. Bunyi SMS itu adalah :

"
selamat! Hari ini anda adl salah 1 dr 80 jt pelanggan yg memiliki
kesempatan dgn Rp.550!untuk dptkn kawasaki ninja,tiger,blakberry dll.tekan
*268# OK/call
"

Investigasi menunjukkan bahwa ini memang proyek resmi dari Telkomsel. Nampaknya --- CMIIW --- bekerja sama dengan content provider. Alhamdulillahnya ada Google,
jadi saya tidak perlu mengeluarkan sekian ribu rupiah untuk diberikan ke Telkomsel.


Ini beberapa posting terkait, yang membuat saya mendapat informasi untuk berkata : TIDAK ! Ini sesuatu yang bagi saya TIDAK MENARIK !?!


Layanan Lelang Murah *268# dari Telkomsel
http://oldfirehand.wordpress.com/2009/10/26/layanan-lelang-murah-268-dari-telkomsel/

Telkomsel meluncurkan Layanan Lelang Murah pada menu *268# dan efektif berlaku sejak 20 Oktober 2009. Program ini dapat diikuti oleh seluruh pelanggan Telkomsel (tidak termasuk karyawan). Barang yang dilelang ditampilkan di menu Lelang Murah pada *268#. Menu tersebut juga dapat melihat kapan berakhirnya waktu lelang setiap periodenya.

Peserta lelang atau penawar, melakukan penawaran atas barang yang dipilihnya dengan jalan menambahkan harga terakhir dari barang yang di pilih, melalui fasilitas yang terdapat pada menu Lelang Murah. Penambahan harga yang berlaku adalah sebesar Rp.5 per penambahan.

Tekan *268# Ajaib Muncul Tulisan Biaya Akses Info Ini Rp 2200
http://suarapembaca.detik.com/read/2009/12/28/093348/1266695/283/tekan--268

Masalahnya kenapa tidak dijelaskan dari awal jika sekali mengakses info tersebut terkena Rp 2200? Padahal saya kira biaya semuanya hanya Rp 550 seperti pemberitahuan SMS awal Telkomsel.

Bayangkan jika sekian juta pelanggan melakukan hal yang sama seperti saya pulsa berkurang Rp 550 + Rp 2200 = Rp 2750. Itu jika ingin informasi sekali saja. Bagaimana jika mengaskes info tersebut lebih dari satu kali. Berapa juta atau bahkan ratusan juta keuntungan yang didapat Telkomsel.


Lelang Murah
http://mall268.com/lelang/
Layanan Lelang Murah merupakan Program kerjasama Cequal Indonesia dengan Telkomsel. Program ini adalah membeli barang secara murah dengan cara lelang, melalui UMB *268#. Program ini berlangsung secara Periodik, 2 x 24 jam. Peserta bisa mengikuti program ini dengan tekan *268# OK/CALL, Menu Lelang Lelang ada dinomer 1 kemudian bisa mengikuti langkah- langkah selanjutnya.


Alhamdulillahnya, saya bisa mengakses Google untuk bisa mendapatkan informasi ini ... Sebuah langkah sangat cerdas dari Content Provider untuk mendapatkan keuntungan ... Sayangnya Telkomsel TIDAK MENJELASKAN BIAYA SMS-nya. Saya mendapatkan informasinya di situs Content Provider :

Tarif sebesar Rp.2000,- ( belum termasuk PPN 10%)
Tarif tersebut akan dikenakan saat si Peserta Lelang mendapatkan balsan berupa SMS info harga yang ditawar


Sayangnya informasi ini tidak disebarluaskan DI AWAL !!!

Saya sudah menggunakan Telkomsel lebih dari 5 tahun ... saya merasa Telkomsel tidak melindungi saya sebagai customer-nya dari Content Provider yang memanfaatkan customer-base milik Telkomsel. Andai saya tidak mempunyai akses ke Google ... berapa rupiah akan saya BELANJAKAN untuk Telkomsel ? Dan berapa ribu pelanggan Telkomsel yang bisa jadi membuat "UN-INFORMED DECISION" ?!?

6 komentar:

Wahyoe_Nugraha mengatakan...

cara unreg ny gimana ya?... please tolong saya,... pulsa saya disedot rus nii

IzzahTy mengatakan...

setau saya dg cara ketik unreg trus kirim ke nomor yg sama dengan registrasi awal.
Tapi kalau masih disedot juga, cara yg paling ekstrim ya terpaksa ganti nomor.
Tapi sebelumnya coba browsing dulu tentang program yg anda ikuti ini, siapa tau di sana ada info bagaimana keluar dari program itu.
semoga membantu :)

mans mengatakan...

saya pengguna telkomsel bingung kenapa setiap isi ulang pulsa dengan sendirinya tersedot sia2! setiap ada konten *268# padahal saya tidak mengikuti kuis tersebut maupun konten lainnya, saya berharap telkomsel jgn merugikan konsumen tanpa sepengetahuan!!!! gimana neh solusinya!!!

IzzahTy mengatakan...

silakan hubungi costumer service telkomsel atau ke graparinya saja.

saya memposting tulisan ini bertujuan untuk memberitahu kepada pembaca agar berhati-hati dan teliti sebelum mengikuti suatu konten yg ditawarkan. bukan berarti saya adalah pihak telkomsel, yang mengerti setiap kontennya. harap dimaklumi..

Anonim mengatakan...

gimana nih telkomsel ini, masa pelanggananya dijadikan objek penipuann huhuhuhuhuhu

Anonim mengatakan...

sadarlah...jangan rampok pelanggan yang membuatmu suksessss....atau kayaknya kita harus berpikir untuk mencari nomor yng mang tidak merugikan pelanggannya! tapi adakah????indonesia...indonesia...